Kamis, 24 September 2009

Pegagan

Pegagan merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh menjalar secara liar di perkebunan, tepi jalan, pematang sawah, dan pada tempat yang umumnya teduh. Pegagan berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Jepang, Republik Rakyat Cina, hingga Australia. Nama sebutan dari tanaman ini yang sering dikenal oleh masyarakat pada umumnya adalah daun kaki kuda dan antanan. (www.wikipedia.com)

Pegagan merupakan tanaman terna atau herba menahun tanpa batang, tetapi dengan rimpang pendek dan stolon-stolon lunak dan beruas yang merayap dengan panjang 10-80 cm. Pada tiap ruas/bonggol akan tumbuh akar berwarna putih dan daun dengan tangkai daun panjang, banyak bercabang yang membentuk tanaman baru. Dengan berkembang biak secara vegetatif alami seperti itu, ia cepat beranak-pinak. Jika keadaan tanahnya bagus, tiap ruas yang menyentuh tanah akan tumbuh menjadi tanaman baru. Selain itu pegagan juga dapat diperbanyak dengan pemisahan stolon dan biji. Daun pegagan berhelai tunggal, bertangkai panjang sekitar 5-15 cm, berbentuk bulat ginjal, tepinya bergerigi atau beringgit, diameter 1-7 cm tersusun dalam roset yang terdiri atas 2-10 helai daun dan kadang-kadang agak berambut. Bunga pegagan berwarna putih atau merah muda, tersusun dalam karangan berupa payung, tunggal atau 3-5 bunga bersama-sama keluar dari ketiak daun, dan tangkai bunga sekitar 5-50 mm. Buah pegagan kecil bergantung, berbentuknya lonjong/pipih panjang 2-2,5 mm, lebar lebih kurang 7 mm dan tinggi lebih kurang 3 mm, berlekuk 2 berwarna kuning kecoklatan dan berdinding agak tebal, baunya wangi dan rasanya pahit. (dunianyabiosains.blogspot.com)

Banyak khasiat yang terkadung dalam tanaman pegagan terutama pada bagian daunnya. Dalam masyarakat, pegagan biasa dikonsumsi sebagai sayuran, ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion Berbagai macam bentuk produk olahan mulai dari sirup, jamu, dan masih banyak lagi melatari pengolahan daun pegagan yang bernama latin Centella asiatica.

Pegagan mengandung berbagai senyawa berkhasiat obat seperti asiatikosida (triterpenoids), karotenoids, dan garam-garam mineral bermanfaat. Triterpenoids yaitu antioksidan sebagai penangkap radikal bebas yang dapat mematikan sel-sel otak dan merevitalisasi pembuluh darah. Vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan stamina dan vitalitas serta sebagai antioksidan yang membantu dalam perkembangan sel-sel otak. Selain itu garam-garam mineral sebagai pembentuk sel darah merah (zat besi) yang berfungsi dalam mylenisasi otak dan peningkatan daya konsentrasi. (lifestyle.okezone.com)

Daun kaki kuda-nama pegagan di Jawa-digolongkan tanaman gulma yang sudah dimanfaatkan sebagai obat. Oleh Apporo, peneliti dari India, Centella asiatica dibuat serbuk lalu diuji secara klinik. Serbuk tanaman merambat itu terbukti dapat meningkatkan intelegensia. Lima belas anak yang mengalami hambatan mental diberi 500 mg/tab selama 1 bulan. Hasilnya, Intelegensia Quetioner (IQ) meningkat 4,6% dan anak-anak itu dapat lebih berkonsentrasi.
Selain itu, anak yang berprilaku pasif, pemalu, dan gelisah berubah menjadi periang, komunikatif, dan kooperatif. Nun di Perancis, Jules Lepine pun tergugah untuk meneliti khasiat sarowati-nama pegagan di Maluku. Ia menguji daunnya dan menemukan alkaloida yang dapat memberikan energi pada jaringan otak.

Di samping enak dilalap pegagan kerap digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Orang divonis menderita penyakit itu jika tekanan darah sitoliknya-tekanan darah waktu jantung berdenyut- melebihi 160 mmhg dan distoliknya-tekanan darah waktu jantung menyelesaikan satu denyutan- melebihi 95 mmhg. Penderita penyakit itu cukup tinggi di Indonesia. Keadaan itu menggugah Dr. Suwijiyo Pramono, peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada untuk mengetahui senyawa yang berfungsi sebagai antihipertensi itu. Penelitian dilakukan dengan memberikan ekstrak pegagan berupa infus aktif penurun tekanan darah anjing teranestesi. Hasilnya, terdeteksi tiga golongan senyawa kimia pada ekstrak itu yaitu asiatikosida, flavonoida yang dikenal sebagai penangkap radikal bebas, dan fenol. Ketiga kandungan kimia itu kemungkinan berefek hipotensif-penurun tekanan darah. (forum.ikahimbi.org)

Pegagan memiliki kandungan beberapa komponen bioaktif seperti terpenoid, steroid (triterpenoid), dan bahan-bahan aktif lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan otak pada manusia sehingga pegagan sangat baik sekali untuk meningkatkan daya ingat dan menjaga ketahanan tubuh. Adapun manfaat selengkapnya dapat di lihat pada tabel 1.1

Tabel 1.1 Khasiat Pegagan

Meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki

Zat pembunuh bakteri

Mencegah varises dan salah urat

Sebagai obat untuk penyakit TBC

Meningkatkan daya ingat

Sebagai obat penyakit Lepra

Meningkatkan mental

Obat untuk penyakit Ambeien

Meningkatkan daya tahan tubuh

Obat demam

Menurunkan gejala stress dan depresi

Melancarkan air seni

Obat untuk penyakit campak

Meningkatkan IQ

Obat batuk

Menyembuhkan mata merah atau bengkak

Penanggulangan mimisan

Menambah nafsu makan

Obat sakit kepala

Pegagan sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai makanan kesehatan. Dengan khasiatnya yang sangat baik ditambah lagi dengan ciri khas rasa dari pegagan yang sedikit manis, membuat kebanyakan orang di daerah tertentu mengonsumsi pegagan sebagai sayuran atau lalaban. Karena kandungan zat-zat nutrisinya yang sangat baik untuk tubuh, beberapa orang memanfaatkan pegagan sebagai ramuan obat-obatan tradisional. Tak sedikit orang pun mengolah pegagan menjadi kedalam bentuk pil. Berikut adalah kandungan vitamin dalam pegagan pada tabel 1.2.

Tabel 1.2 Kandungan Vitamin Pada Pegagan

No

Vitamin

Kandungan

1

Betakaroten

6580 µg

2

Thiamine

0.15 mg

3

Riboflafin

0.14 mg

4

Niacin

1.2 mg

5

Asam askorbat

4 mg

Sumber: infohidupsehat.blogspot.com

Pemanfaatan pegagan sebagai obat harus dilakukan secara cermat, karena disamping manfaatnya yang begitu besar, pegagan memiliki sifat narkotis. Dosis yang tinggi dapat menyebabkan konsumen menjadi pening. Dengan menguasai takaran dosis, diharapkan dapat membuat pegagan lebih aman untuk dikonsumsi. (www.balittro.go.id)

Dengan menjadikan dan memperkenalkan suatu jenis konsumsi baru kepada masyarakat, diharapkan dapat menjadi suatu pemecahan masalah akan ketersediaan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Hal tersebut pun didukung dengan ketersediaan biodiversitas di alam Indonesia ini. Kandungan pegagan sangatlah bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan mengembangkan suatu jenis konsumsi baru yang lebih menarik selera masyarakat dan bernutrisi tinggi, diharapkan hal tersebut dapat menyokong sendi-sendi pembangunan dan tujuan dari negara kita sendiri, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Agar-agar merupakan jenis konsumsi makanan yang dibilang umum di masyarakat. Kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Agar-agar pun cenderung banyak disukai oleh anak-anak. Dalam hal ini, agar-agar merupakan suatu terobosan baru dalam pengembangan konsumsi yang mengandung nutrisi tinggi. Tanaman pegagan memiliki sedikit rasa manis yang khas. Dengan dibuat dalam bentuk agar-agar yang sesuai dengan selera masyarakat, kebutuhan akan nutrisi tubuh yang berkualitas dapat terpenuhi, terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

1 komentar:

  1. Our complete suite of CRO services spans the entire molecule development pipeline including contract research for target identification, Isoastragaloside II

    BalasHapus